Sabtu, 14 Februari 2009

PURA MANIKAN

Pura Manikan Awal dari Taman Soekasada

Pura Manikan merupakan rangkaian sebuah perjalanan Rohani dari UjungTaman diarah Selatan sampai ke Utara dan berakhir di Pura Manikan.Perjalanan Rohani untuk memperoleh kesadaran adalah merupakan Perjalanan menuju Tujuan akhir yaitu Pura Manikan.

Pura Manikan kalau dikaitkan dengan Mikrokosmos, maka menjadi Symbol dari Badan kita yang kita jaga Kesuciannya. Manikan berarti berasal dari Manik yang berarti Jiwa dan pikiran. Jadi Pura Manikan Symbplis dari Jiwa dan Pikiran yang suci yang bermuara kepada ketenangan dan kebahagiaan ( Soeka ).



Perpaduan antara Pura Manikan dan Taman Soekasada Ujung adalah menjadi idam-idaman orang-orang yang menekuni perjalanan Rohani. Pura manikan berarti Manik yang Suci, yang dimaksud dengan Manik adalah Hati Yang Paling Dalam dan Pikiran yang Suci. Soekasada adalah berasal dari kata Soeka dan Usada. Jadi Pura Manikan dan Taman Soekasada falsafahnya adalah, apabila orang Tekun mengadakan Perjalanan Rohani ditengah kehidupan bermasyarakat,niscaya orang itu hatinya dan Pikirannya akan menjadi Bersih dan Suci yang menjadi Sarana ( Usada ) untuk memperoleh Ke – SOEKA – an.

Posting : Sugiarta.


0 komentar:

Template by - Abdul Munir | Daya Earth Blogger Template