Rabu, 11 Februari 2009

BALE WANTILAN KAMBANG.

Wantilan Kambang Diatas Kolam Kembar Bagian Selatan.

Balai wantilan Kambang sama fungsinya dengan Balai Wantilan pada Umumnya di Bali, adalah merupakan tempat pertemuan orang-orang yang hendak mengadakan Musyawarah. Balai ini merupakan Symbol, apabila ingin mendapatkan kebenaran harus melalui Musyawarah.


Kalau untuk mendapatkan kebenaran bagi dua orang yang bersengketa yang mencari kebenaran dan keadilan, maka lazim Proses ini disebut Sidang. Melalui Musyawarah dan Sidang inilah diharapkan segala persoalan yang tidak jelas ini berubah menjadi jelas, sehingga bisa disimpulkan kebenarannya.





Jembatan menuju Balai Kambang dan Keluar dari Balai ini melalui Jembatan yang sama, dan diatas jembatan tersebut berdiri Gapura sebanyak 6 ( enam ) buah, ini menggambarkan Balai ini tempat bagi orang yang sedang pikirannya gelap, artinya orang pikirannya masih dikuasai oleh kekuatan Sad Ripu ( enam musuh yang ada dalam Tubuh manusia ). Jadi di Balai Kambang ini mereka melalui Proses mencari kebenaran yaitu terbebasnya mereka dari sesuatu yang gelap atau suatu masalah. ( Kajian dari pak Made Suarda ).




Dulu fungsi Balai kambang juga digunakan untuk menjamu Para tetamu Raja, yang merupakan Tamu Kehormatan Raja.
Diposting oleh Komang Sugiarta.

0 komentar:

Template by - Abdul Munir | Daya Earth Blogger Template