Rabu, 11 Februari 2009

LAY OUT UJUNG.

Lay Out Tata Ruang Taman Soekasada Ujung.

Dalam areal Taman Soekasada Ujung terdapat 3 ( tiga ) buah pintu masuk atau gerbang menuju areal taman. Gerbang utama berada pada ketinggian di sisi barat sebagai entrance yang disebut “Bale Kapal” karena dulunya bangunan ini dibuat menyerupai sebuah kapal. Selanjutnya dari entrance bale ini pengunjung menuju areal taman dengan menuruni ratusan buah anak tangga. Dari tempat inilah keseluruhan areal taman ati.

Sesuai predikatnya sebagai Taman Air Kerajaan atau The Water Palace, maka Taman Soekasada Ujung memiliki 3 (tiga) buah kolam besar dan luas. Di tengah kolam I di sisi paling utara terdapat bangunan utama yang disebut Bale Giliyang dihubungkan oleh jembatan menuju Utara dan Selatan Kolam di Utara.

l

Di tengah-tengah kolam ini terdapat patung-patung dan pot-pot bunga. Di sebelah barat kolam I, di tempat yang agak tinggi terdapat bangunan berbentuk bundar, yang disebut “Bale Bengong” yang difungsikan sebagai tempat untuk menikmati keindahan taman dan panorama alam di sekitarnya. Di sebelah barat laut Bale Bengong, pada areal terasering yang tinggi terdapat bangunan persegi empat panjang yang disebut “Bale Lunjuk”. Ada sekitar 108 anak tangga menuju bangunan ini dari arah timur. Di tengah kolam II di sisi selatan kolam I terdapat bangunan yang disebut “Bale Kambang”. Bangunan ini dahulu berfungsi sebagai tempat jamuan makan untuk para tamu kerajaan. Di sebelah timur kolam II terdapat kolam III yang disebut Kolam Dirah dan merupakan kolam pertama yang dibuat oleh Raja Karangasem.


Di areal sebelah utara taman, di tempat yang tinggi terdapat patung “warak” (badak) dan juga patung banteng yang dari mulut kedua patung tersebut air memancur keluar menuju kolam. Jauh di sebelah timur laut terlihat bukit Bisbis yang hutannya subur menghijau, di arah selatan terlihat laut luas membentang dan di sekitar taman terlihat petak-petak sawah menghijau. Perpaduan alam pegunungan dan alam laut inilah yang merupakan daya tarik taman ini.



Dan sekitar 250 meter di sebelah utara taman ini tedapat sebuah pura bernama “Pura Manikan” yang juga dibangun oleh Raja Karangasem.

Diposting Oleh Sugiarta.

0 komentar:

Template by - Abdul Munir | Daya Earth Blogger Template